Monday, May 3, 2010

try to break the rules! (photography)


kalo kata org2 banyak, sebuah foto itu bakalan bgus kalo gears dan software applikasinya jg mahal dan bagus. hemmm.. ga bisa dipungkirin jg sih emg klo gearsnya bagus dan softwarenya bagus, yaa emg bagus. tapi, gmn dengan org2 yg punya keterbatasan gears atau softwares?

kali ini gw nyoba2 gmna caranya dengan budget murah, gw bisa menghasilkan foto yang ga standart. dan gw jg pengen ngebuktiin kalo gear standart ga selalu menghasilkan foto yang standart jg kok. makanya kali ini gw cuma pake.

kamera : CANON EOS 400D dan lensa : 50mm f/1.8.. (untuk percobaan pertama) ini jg lensanya lensa minjem. krn kebetulan lensa temen gw ada di rumah gw. hehehe.

dan untuk pemakaian software, gw cm pake adobe photoshop cs 2 dan itu juga cuma naro nama gw aje. yg lainnya kyk contrast, brightness dll, gw setting di kamera gw sebelum gw motoin objek yang ada di depan gw.

untuk warna gw juga settingin di kamera gw sebelum gw motret. gw gonta ganti aje di WB SHIFT/BKT nya terserah gw hehehe.

jadi hasil2 foto gw di bawah ini ga ada sama sekali sentuhan editannya dr software2 tertentu.

pertama yg gw lakukan adalah, bikin foto studionya!
disini gw cb pake kardus, karton putih dan lampu bljr emak gw! haha.

jadi, bagian depan kardus gw bolongin sampe sisi depannya ilang,
trus cover semua bagian dalem kardus (bagian atas bawah kiri kanan blkg kardus).
trus bagian sisi kiri dan kanan gw bolongin bulet kecil dan gw cover pake tissue. ntar, dr bagian sisi kiri dan kanan akan kita kasih lampu bljr itu. dan tissue gunanya buat cahayanya lebih meresap.
dan akhirnya......
jadilah seperti ini studio foto kecil2an kita!!!!
TADAAA~~~~!!!






nah.. taro aja dah tuh objek2 apaan kek.. patung kek.. apa kek.. gw aje pake objek cat air, crayon, pensil warna, patung ampe biskuit gw jadiin objek! hahaha.. sesuai kreativitas kalian ajalah!

objek : pensil warna




objek : crayon, cat air dll




objek : biskuit




nah yg dibawah ini kurang nih.. cahayanya miskin amat dr sebelah kanan. haha




yak! itu tadi gmna caranya ngakal2in supaya kita dpt hasil yg maksimal walaupun gears dan softwarenya terbatas.
pokoknya, kalo bisa jgn modal editan dong! apalagi banyak bgt skrg yg udah gearsnya oke2 tp ujung2nya di edit jg pake software.. kan sayang.. tp untuk event tertentu sih gpp lah software dipake. trgantung dr event2nya sih katanya. gw sih ga ngerti deh. itu sih kata2 mereka fotografer yg pny gears bagus tp akhir2nya malah di abisin di photoshop.

nah diatas kan hasil foto2 yg objeknya sebuah barang (stillife) nah.. gmna klo objeknya mau model? nahhh.. belum lama ini gw motret temen gw. dia juga bukan model yg professional kok.

dan gw juga make kameranya CANON EOS 400D. dan lensa gw yg standart punya yaitu 18-55 f3.5 (standart kit). ---> lensa temen gw udah balik. zzzz -_-'

klo fotomodel tapi dengan gears yg standart, brarti kita harus memanfaatkan sesuatu yg ada di lokasi. gw sih ttp untuk lighting gw pake lampu bljr si emak andalan! haha minjem lg!

pertama yg gw lakukan adlh seperti biasa, setting2in contrast dll2 nya sebelum taken objek. dan yg kedua, gw survey2 lokasinya. kebetulan gw sm temen gw itu sesi fotonya di rumah temen gw itu. jadi ya pertamanya jalan2 dulu disekitar rmhnya, jadi ntar gw tau kira2 tmpt yg mana yg oke buat dijadiin latar fotonya. setelah itu sesi pemotretan di mulai deh!

krn gears standart, gw rada memainkan bagian external dr kamera. yaitu permainan angle dan cahaya seadanya. dan gw emng sengaja make golden hour (sore) krn cahayanya lagi bagus2nya! hehe.

pertama gw coba mainin lighting pas2an gw menjadi shadow objeknya. haha. lumayan lah hasilnya :




dibelakang objek, ada bayangan si model dan itu yg gw mainin antara lighting dengan angle.

trus gw juga sedikit memanfaatkan sesuatu yang ga penting jadi hiasan, supaya jadi better lah atleast fotonya. disini gw mencoba memanfaatkan tripod yg nganggur gajadi di pake. zzzz.




trus kalo bisa, manfaatkanlah lighting alami seadanya yg udah ada di lokasi. (nih dia!!! manfaat dr motret pas golden hour! mataharinya kan turun! hehee)




liat foto diatas ini deh. sbnrnya di sebelah kanannya ada kaca. jadi cahaya yg kluar dr atas jendela mantul ke kaca dan mantul lagi ke objek. jadi gw memanfaatkan itu sih. trus klo bisa angle nya jgn satu ini doang. cari angle lain walaupun memanfaatkan hal yg sama kyk foto sebelum ini.. contohnya kyk gini:




manfaatkan efek shadow sama lighting seadanya yg udah ada alami di lokasi.

nah ada lagi nih. gw kmrn coba untuk manfaatin lokasinya. lokasi foto kan di rumah tmn gw. dan kebetulan rumahnya cukup unik. gaya2 classic gitu. jadi kita harus memanfaatkan tmpt atau latar supaya foto keliatan lebih bagus.
contohnya pertama yaitu gw manfaatin tangga rumahnya:




contoh yg kedua, gw manfaatin ruang tamunya yg banyak kaca2 gitu. lucu nih kan gw pikir :




contoh yg ketiga, gw mainin warna. drtd kan black and white terossss.. nah skrg gw cb mainin warna deh :




sekian ibu bapak sekalian. gw ga ada maksud apa2 kok untuk nulis ini! gw jg ga ada maksud untuk ngatain org2 yg punya gears bagus! tp gw cm mau sharing aja. untuk yg gears standart, bukan brarti kalian gausah beli gears yg bagus. bukan kok. tapi ini akan jadi solusi disaat kita masih berada di keterbatasan materi. jadi, gw disini ingin membuktikan, bahwa kreativitas tidak bisa dibatasi oleh hal materi! kreativitas itu lebih mahal dr apapun. dan kreativitas itu engga boleh di pendem sendirian, harus di sharing antar sesama. anyway, kesimpulannya adlh, dont let money control ur life. let ur life control everythings in ur life!

cheers!

by : shena malsiana

No comments: