u will be learn about something after u read it..

@_~
oke...
gw mau ngasih tau ke orang2 yg lagi baca blog gw ini..
gw cuma pengen ngasih tau lo semua..JANGAN PERNAH MASUK KEDUNIA BISNIS yg bernama MLM (multilevel marketing) kalo lo ga suka dibidang ini...
gw ga bermaksud untuk menjelek2an bisnis MLM yg sedang berkembang pesat di indonesia sekarang ini, gw cuma mau cerita apa yg gw alamin selama gw ikut bisnis MLM...

sebut saja perusahaan MLM ini "OrIf". perusahaan ini tercipta dalam rangka untuk memperjual belikan produk2 kosmetik yg bisalahh di bilang "oke" (walaupun temen2 gw bilang kalo sebenernya produk ini "ga oke" especially maskaranya). hehehehe...

dulu,gw ditawarin masuk orif oleh temen gw,ka ajenk..dia beri tahu gw apa keuntungan yg bakal gw dapet kalo gw masuk ke bisnis ini..dia bilang gw bisa dapet penghasilan lebih dari 5 juta perbulan..
and..after i heard that,,,how can im not interested on it?
yaudah...dengan langkah yg oke punya,gw masuk lah kedalam bisnis itu..dan ka ajenk adalah atasan gw sekarang..

mengapa "atasan"??

MLM ini mempunyai sistem yg sama dengan MLM lain, yaitu sistem yg biasa di panggil sistim "piramid", dimana menarik org lain untuk jadi bawahan kita dgn cara membuat mereka masuk kedalam bisnis MLM juga, di anggap proses paling penting agar kt dapet keuntungan yg lebih banyak..

jadi,semakin banyak bawahan yg gw dapet, dan bawahan2 gw itu pun punya banyak bawahan lain lagi, gw akan semakin banyak dapet keuntungan dari semua bawahan gw tersebut..

itu berarti,ka ajenk punya atasan lagi dan atasannya ka ajenk pun punya atasan lagi dan akhirnya jauh di atas sana ada 1 pasangan suami istri peringkat nomor 2 terkaya melalui jalan orif.

satu hari,gw mau order barang yg sangat banyak jumlahnya. dan mengingat apa yg dikatakan oleh ka ajenk untuk minta bantuan saja dengan suami istri itu agar lebih gampang dapet barangnya, akhirnya gw pun sms mereka code barang2 yg gw order.
setelah itu,akhirnya hubungan gw dan suami istri itu menjadi lebih dekat. mereka sering cerita ke gw reward apa saja yg mereka dapat dari MLM tersebut.

dengan marketing ability yg oke punya,mereka pun mengatakan banyak hal ttg reward yg mereka sudah dapat.
dan gimana mata gw ga keliyengan saat denger mereka pernah dapet rewarD sebesar "150 JUTA" , "MOBIL CR-V" , "2 TIKET GRATIS KE LUAR NEGRI 2X SETAHUN"??????????

Gw jamin org yg mendengar itupun langsung interst banget untuk masuk ke bisnis ini...pasangan suami istri inipun memberi tahu lebih banyak ttg keuntungan mereka..memberi semacam motivasi ke gw untuk naik ke level tingkat atas. dan selalu ada di setiap gw punya kesulitan di bisnis ini..

jujur,gw org yg pekerja keras dalam hal apapun yg menurut gw bener jalannya dan yg pasti menguntungkan buat gw pribadi..
so....gw pun kerja keras untuk jual produk orif ke temen2 gw dengan marketing yg mereka ajarin..

mereka semakin tau kalau gw adalah termasuk org yg pekerja keras dari hasil kerja gw yg mereka liat. dari sistim "piramid" yg ada di MLM ini yakni kalau bawahan semakin naik level,atasan pun semakin naik lebih dari bawahannya, mereka pun lebih ngedeketin gw dengan mngirim sms2 yg byk ke gw..ngajak gw ke acara2 orif lahh, ngajak gw ke kantor orif lah, suruh gw jualan tiket acara orif ke temen2 lah (padahal kalo gw bilang,temen gw ga bakal ada yg INTEREST untuk pergi ke acara "PAMERAN PRODUK TERBARU ORIF****!!!!" dan disuruh bayar pula satu tiket 15rb! ga oke bgt boy..), dan yg lebih parahnya lagi mereka kasih bokap gw "parfum" .. ck ck ck..sampe segitunya cari muka ma gw...bilang aja kalo lo mau gw naik level biar lo bisa naik ke level yg lebih tinggi jg.
tapi,pada saat itu,gw masih "NAFSU" untuk menjalankan bisnis ini. jadi gw belum sadar akan yg sebenarnya....

dan akhirnya suatu saat sekitar sebulan yg lalu mereka menitipkan 30 tiket acara orif yg dianggap acara paling besar di orif. mereka bilang ke gw untuk ajaktemen2 gw dengan membayar tiket sebesar 50rb. dan menjanjikan sebuah bonus yg oke punya dari mereka apabila gw menghabiskan 30 tiket tersebut. alasan mereka kalo gw ngundang ke 30 temen gw itu,pasti semuanya bakal mau masuk ke orif dan jadi bawahan gw. bayangin aja kalo gw punya 30 bawahan..asoyy...pada saat itu, gw langsung bilang "OKE TANTE OM...AKU BAKAL JUAL TIKET INI..AKU YAKIN PASTI AKU BISA NGEJUAL HABIS 30 TIKET INI...!!" (inget yaa...PADA SAAT ITU GW MASIH "NAFSU" NGEJALANIN BISNIS INI DAN GA TAU APA2 DIBALIK SEMUA BISNIS INI.,)
mereka sih cuma bilang dan sering sms "AYO SHEENAA!! KAMU PASTI BISA!! DENGAN KAMU BAWA 30 TEMEN2 KAMU KESANA,TANTE DAN OM YAKIN KAMU AKAN NAIK LEVEL DI BULAN DEPAN.. KAMU PASTI BISA!!!"
okelahh..gw jalanin...

umm...akhir2 ini,gw lebih sibuk dibanding sebelumnya yaitu prepare buat UAN dan universitas yg bakal gw pilih...yaa gw sibuk dengan banyak hal yg ngebuat gw agak lupa dengan orif. dan juga,tuh suami istri mulai jarang ngehubungin gw lagi.

lama-kelamaan, gw jadi males bgt ikut acara itu...dan mulai "bosen" dengan bisnis ini. yaaa seperti biasa yg org2 sering bilang "semua itu pasti banyak titik jenuhnya".

tiba2 suatu hari mereka mau ngasih ke gw bonus yg gw dapet dari orif. gw udah seneng kan...mungkin gw bakal dapet bonus berapaaaa gitu..dan ternyata hasilnya gw cuma dapet 40.000 RUPIAH...gw sedikit shocked dengan duit ini..bukannya sombong. tapi,duit ini ga sebanding apa yg udah gw lakuin untuk memperjual belikan produk2 orif selama ini...kalo gw dikasih duit 40.000 yg sebanding dgn usaha gw,gw bakal seneng bgt lahh!!!!
yaaaa gw tauu masih banyak pedagang kaki lima yg jalan seharian untuk jualan dan mereka dapet profit yg minim...gw tauu gw harus bersyukur dengan dapetin 40rb ini..
TAPI,INI BEDA!!! PERUSAHAAN INI BUKAN SEKELAS PEDAGANG KAKI LIMA...PERUSAHAAN INI MENGAKU KALAU PRODUK MEREKA DIBUAT DI LUAR NEGRI DAN TERJAMIN SEMUA PRODUKNYA!!!bagaimana bisa mereka hanya memberikan 40rb terhadap usaha yg gw anggap adalah usaha yg cukup mengagumkan???

dengan itu, gw selalu mikir,kenapa ?? ada apa dengan gw?? mana shena yg dulu yg kerjakeras buat bisnis ini??? dan...mereka yg sekarang sukses di MLM inipun pasti mengalami hal ini,,,tapi kenapa gw ga bisa menghadapi ini??

akhirnya gw pun mikir2 dengan susah payah..dan akhirnya gw dapet jawaban yg tepat menurut gw. yaitu karena selama ini,mereka mendoktrin gw dengan iming2 keuntungan yg menggiurkan. yg gw pikirin selama gw kerja keras di bisnis ini adalah "150JT,KE LUAR NEGRI GRATIS DAN MOBIL CRV"....dan gw pun baru sadar kalo gw ga suka ama apa yg gw lakuin selama ini demi bisnis ini...gw ga suka menejemen,bisnis atau semacamnya...gw bekerja di bisnis ini dengan motivasi PROFIT yg bakal gw dapetin dari bisnis ini..bukan karena gw senang menjalankan bisnis ini...di tambah lagi, gw baca di internet, donald trump pernah ngomong

"dont use the profit or the money as a motivation of what will u do in the future!! just do what u wanna do..it will make u get a much of money automatically.."

dari situ gw sadar bahwa gw udah ngelakuin apa yg ga gw suka...dan sebgai gantinya,sekarang tuh suami istri nelponin gw mulu dan smsin gw mulu untuk tau udah berapa tiket yg terjual...gw bingung musti jawab apa..!!! untuk dateng ke acara itu aja gw udah OGAH!!! kalo gw bilang yg sebenernya, gw ga enak untuk ngejwabnya karena ga enak bgt boy..otomatis gw udah ngecewain mereka secara langsung!!!

oh iya....gw mau ngasih tau satu hal lagi yg gw pelajari dari kesalahan gw ini,yaitu untuk memilih jurusan di universitas bukan dari apa yg di "cita-citakan".. semua org mah pasti bercita2 untuk jadi pengusaha kaya raya...milioner...atau org sukses...tapi,untuk mendapatkan cita2 itu,yg dilihat itu bukan dari hasilnya!! tapi dari proses gimana caranya gw bisa jadi seperti apa yg gw inginkan!!
banyak temen gw yg mau masuk "menejemen" atau "bisnis" atau "akuntansi" dll cuma karena mereka bercita2 ingin jadi pengusaha dan bisnisman yg kaya raya..tapi sebenernaya mereka itu ga suka sama bidang2 tersebut...padahal,kalau mereka ntar jenuh atau males2an atau bakal ngalamin apa yg gw alamin barusan di kuliah ntar,mereka ga bakal pernah bisa menjadi org2 sukses,pengusaha dan bisnisman yg mereka inginkan...

APAPUN YG LU HARAPIN PASTI AKAN BISA TERKABULKAN...TERGANTUNG BAGAIMANA PROSES YG LO LALUIN UNTUK MENJADIKAN HARAPAN LO ITU NYATA!!! DAN JANGAN LUPA UNTUK MENGEMBANGKAN APA YG UDAH LO DAPET!!! JANGAN HANYA MANDEK DI STEP ITU AJA!!!

contohnya...even lo bercita2 ingin jadi tukang sayur,jangan hanya mandek dengan gerobak yg lo dorong,,ubah itu sedikit2 menjadi toko tetap dirumah lo, dan jadikan toko itu sedikit2 menjadi mini market, dan kembangkan usaha lo itu dengan membentuk beberapa cabang dan kembanglahhh sebesar apapun yg lo bisa!!!!
itulahhh yg udah gw pelajariii dari semua ini...kejadian ini memberikan hikmah yg bikin gw sadar kalo...

"keberuntungan itu ga bakal ada dengan sendirinya,tapi suara hati lu lah yg membuatnya itu ada"

Comments

Anonymous said…
how can i learn something from this after i read it!!

if i can´t read anything ahaha..

nana!! bad mofflie can u translate plz?? lol
i think it´s so long!! big trouble to translate??

ok ok.. i will try to learn indonese then..

te amo mucho hermanita!!
aku chinta kamu!! haha
Anonymous said…
Marcos Berkata??
ahahaha funni last name!!
berkata hahahahaha

i like it..
but i prefer mumu berkata lolz

love u nana!!

Popular posts from this blog

Febuari

Dialog adalah Solusi (Meja Makan)

Dewasa?