Saturday, June 19, 2010

Good Book by Dee Lestari



Hello guys!

pasti setelah kalian ngeliat gambar diatas ini, banyak dr kalian yang teriak "SHENA... ini gw tau nih..." atau mungkin "yeelah.. ini buku lama buuu"
yap!

Emang ini buku lama bgt. gw juga belinya sekitar setaun lebih yg lalu. lalu kenapa gw mau naro foto buku ini di blog gw? selain karena post kali ini gw mau membahas ttg buku yang ditulis sm dee lestari ini, gw jg mau ngingetin kalian (yang udah lama bgt ga baca buku ini atau mungkin yang belum sama sekali baca buku ini) sama kata-kata yang tertera dibuku ini. kenapa? karena ada beberapa kalimat yang bikin gw KLEPEK-KLEPEK. Not only the 'klepek-klepek' thingy, but i also want u guys to know how terrified i am when i imagine the way Dee Lestari wrote this book with such a good and excellent words.

Dan bagi yang belom pernah baca buku ini atau belum pernah tau apa-apa ttg hal ini, jadi gini.... selain buku, Dee Lestari juga membuat album musik yang bagus di konsumsi berbarengan antara baca bukunya dengan dengerin musiknya. Jadi, dibuku ini ada 11 cerpen tentang cinta. dan masing-masing juga punya backsoundnya gitu.. dilaguin gitu lah.. dan lagu2nya juga bagus gila.. apalagi liriknya! ya gausah dipikirin lah soal liriknya, Dee Lestari gitu lho, bego aje kalo lo masih mikir liriknya bagus apa kagak. 

Bukan hanya cinta antara seorang pemuda dan gadis, disini jg nyeritain cinta dalam keluarga dan pertemanan. dan yang bikin gw klepek-klepek lagi sm Dee Lestari, semuanya di kemas pakai kata-kata yang menurut gw "sastra" banget, tapi kalau lo baca yang bener-bener pake perasaan, lo bakal dengan gampang nyerap kata-katanya doi. lo bayangin aje, paling banyak 10 halaman per cerpennya, dan ceritanya pun sebenernya cerita yang biasa, simple, sangat pendek tapi memukau. Sebenarnya cerita ini banyak terjadi di dalam kehidupan sehari-hari kita. Tapi sekali lagi, Mba Dee mengemas ceritanya dari sisi yang berbeda dengan org-org yang biasa lihat. Contoh salah satu dari cerpen bukunya yaitu "Hanya Isyarat". ini cuma nyeritain pemuda yang jatuh cinta pada pandangan pertama di sebuah bar. Cewenya itu kebetulan temennya temen pemuda itu. pokoknya cuma begitu doang! tapi mana nyangka sih kita sebagai org awam yang baru mulai menulis cerita, kalau di akhir-akhir kalimat cerita ini, cowonya ngomong "Matanya Cokelat muda, itu sudah lebih dari cukup." aaarrgghhhh ini gw yg lagi nulis aja rasanya pengen teriak2!! (bodo amat lo mau bilang gw lebay jg.. bodo amat)

buat mba Dee Lestari yang (Insya allah mudah-mudahan) baca blog aku, masya allah... mba, genius bgt otaknya. udah deh.. itu aja deh.. 2 kata deh "SPECTACULARLY GENIUS" 

buat kalian yang penasaran sm buku ini atau musiknya, hmmm.. mungkin kalian coba beli di toko CD terdekat atau di toko buku terdekat yaaa,, karena ini karya Indonesia Aseli! gw aja beli CD asli dan buku aslinya kok! hehe.. stop pembajakan deh buat karya anak bangsa negara kita sendiri.. kalo karya luar negri, GAPAPA!! TETAPKAN PEMBAJAKAN kalo buat itu mah.. hahahaha.. 

dibawah ini ada beberapa kalimat di buku ini yang bikin gw menjudge dee lestari itu genius. 
"Aku ingin membisikkan selamat tidur, jangan bermimpi. Mimpi mengurangi kualitas istirahatnya. dan untuk bersamaku, ia tak perlu mimpi." Dee Lestari - Curhat Buat Sahabat (hal 7 baris ke 20)

"Cintanya adalah paket airmata, keringat dan dedikasi untuk merangkai jutaan hal kecil agar dunia ini menjadi tempat yang indah dan masuk akal bagi seseorang. bukan baginya. cintanya tak punya cukup waktu untuk dirinya sendiri." Dee Lestari - Malaikat Juga Tahu (hal 21 baris ke 7)

"Janjimu adalah matahariku yang terbit dan terbenam tanpa pernah keliru" Dee Lestari - Selamat Ulang Tahun (hal 26 baris ke 8)
"Aku Memandangimu tanpa perlu menatap. Aku mendengarmu tanpa perlu alat. Aku menemuimu tanpa perlu hadir. Aku mencintaimu tanpa perlu apa-apa, karena kini kumiliki segalanya." Dee Lestari - Aku Ada (hal 32 baris ke 2)
"Aku Ada"  favorite gw! baca cerpennya deh! wuaaaa ini keren bgt!!! hahaa..
"Aku sampai di bagian bahwa aku telah jatuh cinta. Namun orang itu hanya mampu kugapai sebatas punggungnya saja. Seseorang yang cuma sanggup kuhayati bayangannya dan tak akan pernah kumiliki keutuhannya ......... seseorang yang selamanya harus dibiarkan berupa sebentuk punggung karena kalau sampai ia berbalik niscaya hatiku hangus oleh cinta dan siksa" Dee Lestari - Hanya Isyarat (hal 47 baris ke 19)
"Aku tidak ingin bersamamu cuma krena enggan sendiri. Kau tidak layak untuk itu. Seseorang semestinya memutuskan bersama orang lain karena menemukan keutuhannya tercermin, bukan ketakutannya akan sepi." Dee Lestari - Peluk (hal 56 baris ke 10)
 "To him, i might be a uniqe blend of lowbrow jokes and complicated quantum theories. To him, I might be the perfect friend. But deep down, I'm just in love." Dee Lestari - Grow a Day Older (hal 72 baris ke 26)
"Aku jatuh cinta pada pandangan pertama, kedua, dan seterusnya sampai mati." Dee Lestari - Cicak di Dinding (hal 86 baris ke 29)
 "Saat kita belajar menerima, kita juga belajar berdamai. Melalui firasat kita belajar menerima diri, dan berdamai dengan hidup ini." Dee Lestari - Firasat (hal 103 baris ke 10)
"Oh... tidur, sayang, tidur. Aku akan ada saat matamu membuka. Mendekap engkau seolah tiada esok, lusa. Tiada pergi jauh lagi dari engkau. tiada malam, tiada pagi tanpa hangat jemarimu." Dee Lestari - Tidur (hal 121 baris ke 5)

Siapa aja yang mau follow Twitternya Dee Lestari. Ini link nya.
http://twitter.com/deelestari

Thanks,
Shena :D